Bagian Akademik dan Statistik Universitas Pendidikan Ganesha menyelenggarakan kegiatan Verifikasi dan Sinkronisasi Data Mahasiswa Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 bertempat di Ruang Rapat Ganesha II Rektorat Undiksha. Kegiatan dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 7 Maret 2018. Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama (AKPK), Kepala Biro Umum dan Keuangan (UK), Kabag Akademik dan Jajarannya, Kabag Kemahasiswaan, Kasubbag Kesejahteraan Mahasiswa, Kasubag Akademik fakultas, kasubag kemahasiswaan dan alumni fakultas, Tim Keuangan Undiksha, serta tim TI dari UPT TIK.
Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendapatkan data mahasiswa yang akurat dan akuntabel yang meliputi registrasi administrasi dan registrasi akademik setiap semester. Dengan kegiatan ini juga data yang didapatkan akan sama dengan di masing-masing unit/bagian di lingkungan Universitas Pendidikan.
Dalam kegiatan tersebut, Nyoman Mudana, S.Sos selaku Kepala Bagian Akademik memaparkan kondisi data hasil kompilasi dari UPT-TIK, Keuangan, Bagian Kemahasiswaan. Data yang disajikan adalah meliputi jumlah jumlah mahasiswa yang telah melakukan registrasi administrasi, registrasi akademik, cuti, non aktif, pindah, drop out, lulus serta jumlah data mahasiswa yang masih bermasalah yang meliputi: mahasiswa yang belum melakukan KRS-an, mahasiswa Bidikmisi/Afirmasi yang tidak aktif, mahasiswa aktif tapi tidak membayar UKT/SPP, mahasiswa yang non aktif satu semester atau lebih. Dari data tersebut dapat dihitung bahwa jumlah mahasiswa terdaftar adalah 11.456 orang. Dari jumlah itu 522 data yang harus diverifikasi sesuai dengan permasalahan tersebut. Dalam kondisi tersebut kabag Akademik dan Statistik mengintruksikan kepada para kasubbag akademik maupun kemasiswaan dan alumni fakultas, tim keuangan rektorat, tim akademik rektorat dan tim UPT-TIK untuk melakukan verifikasi dan sinkronisasi data tersebut, sehingga muara akhir dari kegiatan tersebut terhimpunnya data yang akurat dan akuntabel. Data tersebut sangat diperlukan pada administrasi lain seperti untuk keperluan akreditasi, pengusulan program-program baru dan yang lainnya.
Dalam kegiatan tersebut juga Kepala Biro AKPK dan Biro UK melalui arahannya menegaskan bahwa data mahasiswa harus akurat dan harus sama di masing-masing unit/bagian, sebab data tersebut disamping digunakan untuk layanan administrasi juga akan di gunakan untuk menghitung rasio jumlah mahasiswa terhadap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang selanjunya akan digunakan sebagai usulan perencanaan keuangan, sumberdaya dan lain sebagainya.